Jerawat dapatkah kontrasepsi jadi solusi

Jerawat dapatkah kontrasepsi jadi solusi

Jerawat dapatkah kontrasepsi jadi solusi

Pil KB merupakan alat kontrasepsi yang berfungsi untuk mencegah kehamilan. Namun, pil konstrasepsi ini juga memiliki sejumlah manfaat lain. Salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat.

Banyak wanita enggan menggunakan kontrasepsi hormonal, yaitu pil KB dan suntik KB, karena khawatir terhadap efek samping yang mungkin ditimbulkannya. Misalnya, takut berat badan naik, sakit kepala, menstruasi tidak teratur, atau timbul jerawat. Padahal, beberapa jenis pil KB justru dapat mengatasi jerawat.

Jerawat dapatkah kontrasepsi jadi solusi

Pil KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang sering digunakan di Indonesia. Terutama dianjurkan untuk pasangan suami-istri yang ingin mencegah kehamilan dalam jangka waktu yang pendek. Salah satu kekhawatiran saat akan menggunakan pil KB adalah risiko munculnya jerawat.

Kekhawatiran tersebut ada benarnya, tetapi tak sepenuhnya tepat. Ada pil KB yang memiliki efek samping memicu jerawat. Namun, ada pula pil KB yang digunakan dokter sebagai salah satu pengobatan untuk jerawat yang membandel. Untuk itu, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis-jenis pil KB.

Pil KB yang memicu jerawat

Jerawat dapatkah kontrasepsi jadi solusi

Jerawat terjadi akibat ketidakseimbangan hormonal. Adalah hormon bernama androgen yang memiliki peran penting dalam timbulnya jerawat. Hormon ini secara normal ditemukan pada pria. Wanita memiliki hormon ini juga tapi dalam kadar yang sangat rendah.

Secara biokimiawi, hormon androgen memiliki bentuk yang mirip dengan hormon progesteron. Oleh karena itu, pil KB yang hanya mengandung progesteron dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Jerawat akibat pil KB yang hanya mengandung progesteron biasanya muncul setelah wanita menggunakan pil tersebut setidaknya satu bulan. Meski demikian, perlu diketahui bahwa tak semua pengguna pil KB tersebut pasti akan mengalami jerawat. Diperkirakan hanya sekitar 30% pengguna pil KB progesteron yang mengalami efek samping jerawat.

Bagaimana dengan pil KB kombinasi? Ada pil KB kombinasi yang dapat memicu jerawat, tetapi ada pula yang dapat mengatasi jerawat – tergantung jenis progesteron yang terkandung di dalamnya. Pil KB kombinasi dengan jenis progesteron berupa norgestimate, norethindrone, dan drospirenone tidak menimbulkan jerawat, bahkan digunakan untuk mengobati jerawat. Sedangkan jenis pil KB kombinasi lainnya tetap dapat menyebabkan efek samping jerawat.

Selain jenis pil KB-nya, penghentian pil KB juga dapat menimbulkan kekacauan hormonal yang memicu timbulnya jerawat.

Jika Anda memiliki kulit yang rentan mengalami jerawat dan hendak menggunakan kontrasepsi berupa pil KB, sebaiknya pikir masak-masak dahulu. Ada pilihan kontrasepsi lain selain pil KB, misalnya intrauterine device (IUD) atau kondom. Bila  memang harus menggunakan pil KB, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai jenis pil KB yang tepat untuk Anda.

Cara Kerja Pil KB untuk Menghilangkan Jerawat dan Jerawat dapatkah kontrasepsi jadi solusi

Kemunculan jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya produksi minyak yang berlebihan di kulit, sumbatan pada pori-pori, perkembangbiakan bakteri, dan aktivitas hormon androgen yang berlebihan.

Pil KB cukup efektif untuk menghilangkan jerawat karena dapat mengurangi aktivitas hormon androgen melalui berbagai mekanisme, antara lain menghambat produksi hormon androgen di indung telur dan menghambat kerja hormon androgen pada kelenjar minyak di kulit.

Apakah Semua Pil KB Bisa Menghilangkan Jerawat?

Tidak semua pil KB bisa menghilangkan jerawat. Sejauh ini, hanya pil KB kombinasi estrogen dan progesteron yang sudah terbukti efektif mengatasi jerawat.

Beberapa contoh pil KB kombinasi yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah kombinasi etinil estradiol dan norethindrone, etinil estradiol dan norgestimate, serta etinil estradiol dan drospirenone.

Berlawanan dengan pil KB kombinasi, pil KB yang hanya mengandung progesteron justru dapat memperburuk jerawat. Penelitian masih terus dilakukan untuk mencari kemungkinan jenis pil KB lain yang dapat menghilangkan jerawat, baik pil KB kombinasi maupun yang hanya mengandung progesteron.

Meskipun pil KB bermanfaat untuk mengatasi jerawat, Anda tetap harus mewaspadai berbagai efek samping yang dapat muncul akibat penggunaan pil KB. Apalagi jika obat hormonal ini murni digunakan hanya untuk mengobati jerawat.

Agar aman, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan pil KB untuk mengatasi jerawat, beserta efek samping, dosis, dan aturan pakainya.

Yang perlu Anda ingat, penggunaan obat hormonal, termasuk pil KB, tidak boleh sembarangan. Meskipun pil KB dapat digunakan untuk mengobati jerawat, namun pengobatan jerawat tetap perlu disesuaikan dengan penyebabnya.

Pil KB bukanlah satu-satunya metode pengobatan untuk mengatasi jerawat. Masih banyak metode pengobatan jerawat lainnya yang mungkin lebih sesuai untuk kondisi Anda. Jadi, konsultasikanlah dulu dengan dokter bila ingin menggunakan pil KB untuk menghilangkan jerawat.

Galvanic Spa solusi Jerawat dari Nu Skin

Harga dan Produk Galvanic Spa Nu Skin 2020
PERAWATAN SPA RUMAH YANG REVOLUSIONER

Kecil, cerdas dan kuat, ageLOC® Galvanic Spa NuSkin memiliki arus yang bisa disesuaikan dan telah dipatenkan serta konduktor yang bisa diganti untuk wajah, kulit kepala dan tubuh. Bersama produk-produk perawatan  Nu Skin yang diformulasikan secara khusus, perangkat ini dapat menghantarkan kandungan  anti penuaan  ageLOC® 5 kali lebih banyak ke dalam kulit Anda dibandingkan Galvanic Spa® II.

Kombinasi ageLOC® Galvanic Spa NuSkin yang dirancang khusus dengan perawatan harian kulit ageLOC® Transformation menjadikan ANDA sebagai ahli anti penuaan dengan menargetkan penuaan langsung pada sumbernya. Penelitian menunjukkan bahwa ageLOC® Galvanic Spa® dapat meningkatkan manfaat nyata dari ageLOC® Future Serum hingga 80%.*

Gabungkan hasil perawatan spa dengan penemuan ilmiah ageLOC® yang tiada banding dan dapatkan kulit yang fenomenal sehingga membuat setiap orang menebak usia Anda.

ageLOC Galvanic Spa:

    • Menghantarkan kandungan  anti penuaan ageLOC® 5 kali lebih banyak ke dalam kulit Anda dibandingkan Galvanic Spa II.
    • Meningkatkan manfaat nyata dari ageLOC® Future Serum hingga 80%.
    • Layar lebih besar, lebih terang, mudah digunakan dan nyaman dalam genggaman.
  • Memiliki arus galvanik yang sudah dipatenkan dan konduktor yang dapat diganti-ganti.

*  Dengan penggunaan ageLOC® Future Serum setiap hari, produk utama ageLOC® Transformation, dan ageLOC® Galvanic Spa® tiga kali seminggu, seperti ditunjukkan oleh uji klinis setelah 7 (tujuh) hari pemakaian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: